Selamat Datang

Pencarian:
Penetapan Isu Strategis Dampak Kependudukan di Provinsi Jambi
Diposting Oleh Kependudukan BKKBN Prov. Jambi | Berita Kependudukan | Senin, 12 Juni 2017 - 13:37:21 WIB

Jambi (27/3) Hingga saat ini, Indonesia masih bergelut pada 4 (empat) aspek masalah kependudukan. Baik dari segi kuantitasnya yang besar dengan penambahan jumlah penduduk 3 hingga 4 juta per tahunnya, kualitas yang masih relatif rendah dengan AKI (Angka Kematian Ibu) yang  tinggi dan rata – rata lama sekolah yang rendah, persebaran yang belum merata maupun dari masalah data, informasi dan administrasi kependudukan. Oleh karena itu, seiring dengan semakin beragamnya dinamika kependudukan serta implikasinya maka sangat penting untuk dilakukan pembahasan dan kajian atau analisis mengenai dampak dari bertambahnya jumlah penduduk terhadap berbagai aspek, seperti sosial ekonomi, politik, pertahanan keamanan serta daya dukung alam dan daya tampung lingkungan. Diharapkan kajian/ analisis yang dihasilkan bisa menjadi input/ rekomendasi kepada Pemerintah Daerah guna penyerasian kebijakan antara pembangunan sektor dengan pembangunan yang berwawasan kependudukan. Selain itu, hasil kajian tersebut akan menjadi peringatan dini (early warning) dampak kependudukan di masa yang akan datang.

Sebelum dilakukan penyusunan kajian/ analisis terkait dampak kependudukan, maka hal yang terpenting dalam proses ini, yaitu penetapan isu strategis. Isu strategis dimaksud merupakan isu kependudukan yang mempunyai dampak negatif atau berpotensi menghambat upaya perwujudan penduduk tumbuh seimbang yang terkait dengan beberapa aspek di atas.

Berkenaan dengan hal tersebut, telah diselenggarakannya forum pertemuan dalam rangka penetapan isu strategis terkait dampak kependudukan di provinsi Jambi pada hari Senin, 27 Maret 2017 di Ruang Kelas Latbang Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi yang dibuka langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi. Turut hadir pula dalam pertemuan tersebut, sebagai penyaji topik/ isu strategis yaitu akademisi Universitas Jambi, DR. H. Junaidi, SE, M.Si dan Jaya Kusuma Edy, SE, M.Si serta dosen Universitas Batanghari yang sekaligus Ketua Ikatan Praktisi dan Ahli Demografi Indonesia (IPADI) Cabang Jambi, DR. Pantun Bukit, SE, M.Si.

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Drs. Endang Agus Sapri, MM mengarahkan bahwa dalam mempertimbangkan konsep isu strategis yang akan dikaji, perlu diperhatikan segi urgensi masalah (besaran, fatalitas dan implikasi sosial dan kesehatan) dan segi kepraktisan serta efektivitas penanggulangannya. “... hasil kajian/ analisis harap dilaporkan ke BKKBN agar bisa acuan kebijakan pada tingkat pusat dan menjadi sumbangsih dalam pembangunan berwawasan kependudukan.” ujar beliau.

Pada forum yang dimoderatori oleh Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Drs. H. Edward, MM turut hadir sebagai pembahas yaitu beberapa praktisi kependudukan dan akademisi/ peneliti dari perguruan tinggi yang ada di Provinsi Jambi, seperti Universitas Islam Negeri Jambi, Universitas Jambi dan Universitas Batanghari. Serta hadir pula mitra kerja kependudukan yaitu dari Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Jambi.

Dari hasil diskusi forum tersebut, maka disepakati bahwa 2 (dua) isu strategis dampak kependudukan yang akan diangkat dalam penyusunan kajian/ analisis tahun 2017 yaitu mengenai dampak penambangan emas tanpa izin (peti) dan dampak usia kawin muda terhadap kesehatan reproduksi dan ketahanan keluarga. Selain penyusunan kajian/ analisis, pada tahun ini Bidang Pengendalian Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi akan menyusun uji coba model sebagai solusi strategik menjawab dampak kependudukan yang terjadi dan berbasis kajian/ analisis sebelumnya. Adapun model yang telah disepakati yaitu model solusi strategis pendewasaan usia perkawinan di Provinsi Jambi. Diharapkan program pengembangan model solusi strategik yang dilakukan nantinya oleh pengelola program analisis dampak kependudukan akan mendukung dalam pencapaian TFR (Total Fertility Rate/ Angka Kelahiran Total) di Provinsi Jambi khususnya. (Ad)  




Drs. Endang Agus Sapri, MM
Kepala Perwakilan
BKKBN Provinsi Jambi
"Dua Anak Cukup
Bahagia sejahtera"
Drs. H. Edward, MM
Kepala Bidang
Pengendalian Penduduk
BKKBN Prov. Jambi

Photo Gallery

Pengumuman BKKBN

Produk Hukum

Indeks Berita

/ /

Video Kegiatan