Selamat Datang

Pencarian:
Pemetaan Indikator Capaian Program KKBPK melalui Aplikasi Dev-Info
Diposting Oleh Kependudukan BKKBN Prov. Jambi | Berita Kependudukan | Senin, 27 April 2017 - 13:27:38 WIB

     Jambi – Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi melalui Bidang Pengendalian Penduduk berinisiasi memberikan orientasi aplikasi Dev-Info yang belakangan mulai menjadi trend dikalangan pengelola program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam setahun terakhir. Kegiatan ini diselenggarakan mulai hari Selasa sampai dengan Kamis tanggal 25- 27 April 2017 di Ratu Hotel & Resort, bilangan Broni Kota Jambi.

 “Tujuan orientasi Dev-info ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para pengelola program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga  (KKBPK) di tingkat provinsi maupun kabupaten/ kota dalam pemetaan data hasil Pendataan Keluarga (PK) tahun 2015 dengan menggunakan perangkat software Dev-info,” ujar Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Drs. H. Edward, MM.

Ditemui di sela kegiatan, Ketua Panitia kegiatan, Adhita, S.Pd mengatakan kegiatan orientasi devinfo bagi Pengelola Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) tingkat Provinsi dan Kabupaten/ Kota se-Provinsi Jambi ini diikuti oleh peserta sebanyak 40 orang, yang didominasi oleh peserta dari OPD KB Kabupaten/Kota sebanyak 22 orang.“Kami mengundang Kepala Bidang/ Kasubbid yang mengolah data, dan Operator Pencatatan dan Pelaporan (RR). Ditambah 18 orang dari perwakilan masing – masing komponen di lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi,” kata Adhita yang juga menjabat sebagai Kasubbid Analisis Dampak Kependudukan ini kepada redaksi.

Adhita lebih lanjut memaparkan untuk memenuhi kebutuhan penyajian data parameter kependudukan, Badan Pusat Statistik (BPS) telah mengembangkan perangkat software Dev-info ini, yaitu sistem database yang digunakan untuk kompilasi dan penyajian data dalam bentuk tabel, grafik maupun peta geografis dengan cakupan wilayah dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/ kota, kecamatan sampai dengan kelurahan/desa dengan untuk tujuan monitoring maupun advokasi.

“Untuk itu, selama 3(tiga) hari ini kedepan para peserta akan mempelajari dan mempraktekkan perangkat software ini, panitia juga telah menyiapkan skema tertentu dimana peserta terlibat aktif, sekaligus juga momen untuk mereka mengevaluasi sejauh mana pemahaman atas aplikasi ini dengan menunjukkan perwakilan dari masing-masing kabupaten/kota dan provinsi untuk mempresentasikan hasil pembelajaran dikelas,” papar Adhita.

Sementara itu ketika ditemui ditempat terpisah, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Drs. Endang Agus Sapri mengatakan bahwa dalam perkembangan selanjutnya aplikasi perangkat Devinfoini juga dapat memanfaatkan sumber data yang lain, seperti Statistik Rutin (SR) atau data dari BPS (Badan Pusat Statistik). “Mudah-mudahan para peserta kegiatan ini nantinya akan menjadi Master Trainer sehingga bermanfaat bagi kemajuan program KKBPK,” pungkasnya. (Yudi Hendra M)




Drs. Endang Agus Sapri, MM
Kepala Perwakilan
BKKBN Provinsi Jambi
"Dua Anak Cukup
Bahagia sejahtera"
Drs. H. Edward, MM
Kepala Bidang
Pengendalian Penduduk
BKKBN Prov. Jambi

Photo Gallery

Pengumuman BKKBN

Produk Hukum

Indeks Berita

/ /

Video Kegiatan