Selamat Datang

Pencarian:
Pertemuan Koordinasi Bidang Pengendalian Penduduk
Diposting Oleh Kependudukan BKKBN Prov. Jambi | Berita Kependudukan | Kamis, 25 Februari 2017 - 09:32:53 WIB

 

       Dalam upaya pengembangan proyeksi indikator sasaran program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi melalui Bidang Pengendalian Penduduk (Dalduk) menyelenggarakan Pertemuan Koordinasi Bidang Pengendalian Penduduk Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota se – Provinsi Jambi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para Pengelola program pengendalian penduduk di tingkat kabupaten/kota, serta sekaligus melakukan telaah kegiatan pengendalian kependudukan tahun anggaran 2017. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mengidentifikasi dampak kependudukan dalam bidang sosial, ekonomi, politik, pertahanan keamanan, daya dukung alam dan daya tampung lingkungan sesuai kondisi wilayah di Kabupaten/ Kota.
       Adapun dasar pelaksanaan kegiatan ini yaitu Undang-Undang No 52 Tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Kepala BKKBN Nomor 72/PER/B5/2011 tentang Organisasi dan Tata kerja Badan Kependudukan dan keluarga Berencana Nasional, maka diamanatkan bahwa salah satu tugas dan fungsi bidang Pengendalian Penduduk (Dalduk) Tingkat Provinsi adalah melaksanakan penyiapan, pembinaan, pembimbingan, dan fasilitasi pelaksanaan kebijakan teknis, norma, standar, prosedur, dan kriteria serta pemantauan dan evaluasi di bidang Pengendalian Penduduk.
     Kegiatan yang dilaksanakan 2 (dua) hari (Jumat s/d Sabtu) tanggal 24 s/d 25 Februari 2017, di Grand Hotel Jambi dihadiri oleh 40 (empat puluh) orang peserta dengan rincian 11 (sebelas) Orang Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan 11 (sebelas) Orang Kepada Sub Bidang Pengendalian Penduduk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) KB Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi. Turut hadir sebagai peserta dalam pertemuan tersebut mitra kerja kependudukan tingkat provinsi, seperti : IPADI Provinsi Jambi, KKI, Faspedu, KMK, Tim Penggerak PKK, Bandiklatda, Dinas Pendidikan, Kanwil Kemenag, dan Bappeda Provinsi Jambi.
       Dalam arahan pembukaan, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Drs. Endang Agus Sapri, MM menegaskan bahwa indikator kinerja utama BKKBN diantaranya yakni persentase peningkatan psp (pengetahuan, sikap dan perilaku) masyarakat tentang isu – isu kependudukan. Sejalan dengan sasaran strategisnya yang berbunyi : meningkatkan jumlah sektor yang memasukkan isu kependudukan (kebijakan, perencanaan, pendidikan dan dampak) dalam rencana pembangunan pusat dan daerah. “......diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat tentang isu kependudukan sebagai hasil diskusi dengan pengendalian penduduk.” tegas beliau. Selanjutnya beliau juga menyampaikan bahwa untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan kependudukan diperlukan dukungan, peningkatan komitmen dan peran kita semua, stakeholder dan mitra kerja terkait dalam pengendalian dampak kependudukan di masa yang akan datang. (Ad)




Drs. Endang Agus Sapri, MM
Kepala Perwakilan
BKKBN Provinsi Jambi
"Dua Anak Cukup
Bahagia sejahtera"
Drs. H. Edward, MM
Kepala Bidang
Pengendalian Penduduk
BKKBN Prov. Jambi

Photo Gallery

Pengumuman BKKBN

Produk Hukum

Indeks Berita

/ /

Video Kegiatan