Selamat Datang

Pencarian:
Pertemuan Koordinasi Kemitraan antara BKKBN Jambi dengan Balitbangda Provinsi
Diposting Oleh Kependudukan BKKBN Prov. Jambi | Berita Kependudukan | Rabu, 03 Agustus 2016 - 15:26:43 WIB

Jambi (1/8) Dalam upaya peningkatan kemitraan antara Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Jambi, maka diperlukan suatu legalitas kesepahaman dan kesepakatan kerjasama melalui pembentukan Naskah Kesepakatan Kerjasama tentang kegiatan penelitian terkait Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) serta penyusunan kajian/analisis terkait dampak kependudukan terhadap beberapa sektor pembangunan, seperti sosial, ekonomi, politik dan pertahanan keamanan serta daya dukung alam dan daya tampung lingkungan.

Berkenanaan dengan hal tersebut, telah diselenggarakannya pertemuan rapat koordinasi kemitraan Program  Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) pada hari Senin, 01 Agustus 2016 di Aula Pertemuan Balitbangda Provinsi Jambi yang dihadiri langsung oleh Kepala Balitbangda Provinsi Jambi dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi. Turut hadir pula dalam pertemuan tersebut, Kepala Bidang Pemsosbud, jajaran Eselon IV Balitbangda dan para peneliti. Sedangkan dari pihak Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, hadir mendampingi Kepala Perwakilan, Drs. Waspi, Jajaran Eselon IV yaitu Kasubbid Penyusunan Parameter Kependudukan, Risma Mulia,S.Psi, M.Si, Kasubbid Analisis Dampak Kependudukan, Adhita, S.Pd dan Kasubbid Program dan Kerjasama, Islakhiyah, S.Pd, MA.

Dalam sambutannya Kepala Balitbangda H. M. Zubaidi AR, SH, M.Si menyambut baik niat dari pihak Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi untuk mengadakan kerjasama dalam hal penelitian, kajian maupaun analisis. Karena Program Kependudukan khususnya merupakan konsentrasi baru yang harus disadari oleh semua pihak maupun Pemerintah untuk lebih memprioritaskan pembangunan sektor yang dapat bersinergi dan selaras dengan pembangunan yang berwawasan kependudukan. Penduduk bukan hanya pelaku maupun penikmat pembangunan, namun juga sebagai pemelihara ataupun pelestari lingkungan dimana penduduk itu bertempat tinggal.

Selanjutnya Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Drs. Waspi menyampaikan bahwa dalam melaksanakan kegiatan penelitian, kajian maupun analisis diperlukan tenaga profesional yang kompeten sesuai dengan kepakarannya. Untuk itu, diperlukan penggalangan kemitraan dengan Balitbangda Provinsi Jambi yang telah memiliki lebih dari 10 (sepuluh) orang tenaga peneliti. “Kegiatan penelitian dan penyusunan kajian/ analisis dilakukan oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi rutin setiap tahunnya. Oleh karena itu kami memerlukan tenaga yang ahli dalam bidang ini. Selama ini kami telah bekerjasama dengan Pusat Studi di beberapa Perguruan tinggi, seperti Universitas Jambi dan Universitas Batang Hari.” ujar beliau.

Pertemuan koordinasi tersebut dilanjutkan dengan pembahasan draft naskah Kesepakatan Kerjasama yang akan ditandatangani pada hari itu juga oleh kedua belah pihak. Namun sebelumnya kedua belah pihak bersama – sama membahas redaksional per pasal dan per ayat isi dari naskah kesepahaman tersebut. Dalam pasal pembiayaan, kegiatan penelitian dan/atau penyusunan kajian/ analisis dibebankan kepada pihak Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi selaku penyedia dana atau pihak lain yang tidak mengikat dua belah pihak. Sedangkan Balitbangda Provinsi Jambi menyediakan tenaga peneliti yang sesuai dengan kepakarannya. Diharapkan pertemuan ini dapat mengadvokasi program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) kepada stakeholder eksternal di Provinsi Jambi serta meningkatkan komitmen mitra dalam pengendalian penduduk (Adhita).




Drs. Endang Agus Sapri, MM
Kepala Perwakilan
BKKBN Provinsi Jambi
"Dua Anak Cukup
Bahagia sejahtera"
Drs. H. Edward, MM
Kepala Bidang
Pengendalian Penduduk
BKKBN Prov. Jambi

Photo Gallery

Pengumuman BKKBN

Produk Hukum

Indeks Berita

/ /

Video Kegiatan